Inilah Penyakit Mata yang Sering Terjadi pada Masyarakat Indonesia






















Inilah Penyakit Mata yang Sering Terjadi pada Masyarakat Indonesia

Inilah Penyakit Mata yang Sering Terjadi pada Masyarakat Indonesia

Info Sehat Promo-Jitu.com - Penyakit mata masih sering kita jumpai di negeri kita ini. Dan penderitanya masih banyak mulai dari kalangan balita sampai dewasa sering kita jumpai yang terkena penyakit mata.  Dan penyakit mata ada yang menular dan ada yang tidak menular. Dan penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan bila tidak segera diberikan pengobatan. Penyakit mata yang menular ialah:

  • Gonoblenorrhoea yaitu suatu penyakit yang sering terjadi pada bayi yang baru lahir karena ibunya menderita gonorrhea. Gejalanya mata bayi menjadi bengkak, bernanah dan tidak dapat membuka. Dalam waktu 3 minggu bola mata akan pecah dan mata menjadi buta untuk selama-lamanya.
Apabila pengobatan diberikan dalam satu minggu pertama, masih ada kemungkinan untuk tertolong.
Untuk mencegah gonoblenorrhoea, di rumah sakit pada setiap bayi yang lahir diberikan larutan procain penicillin 10.000 U/CC in aqua pada keuda mata bayi. Gonoblenorrhoea dapat pula terjadi pada orang dewasa yang menderita gonorrhea secara auto-infeksi melalui tangan atau handuk. Banyaknya penderita penyakit ini erat hubungannya dengan jumlah penderita penyakit kelamin dalam masyarakat.


  • Trachoma yaitu penyakit mata yang disebabkan oleh virus. Penderita  merasa sangat gatal seperti terdapat pasir pada matanya dan matanya sering berair. Bulu mata dapat membalik ke dalam yang akan menggores gores bola mata sehingga menimbulkan luka, bernanah dan dapat menimbulkan kebutaan bila tidak diobati. Penularannya melalui kontak tak langsung melalui sapu tangan, handuk atau dipindahkan oleh lalat. Untuk mencegah kebutaan dan komplikasi-komplikasi lainnya, pengobatan harus segera diberikan. Penyakit ini tidak menimbulkan kekebalan sehingga infrksi ulang sering sekali terjadi.
Dan selanjutnya ialah penyakit mata yang tidak menular yang biasanya juga di derita oleh masyarakat di Indonesia, yaitu:


  • Xerophthalmia, yaitu suatu penyakit mata yang disebabkan karena kekurangan vitamin A. terdapat banyak pada anak-anak umur 2-5 tahun yang terlantar makanannya karena kemiskinan orang tuanya ataupun karena telah mempunyai adik lagi. Gejala penyakitnya datang secara berangsur-angsur sesuai dengan beratnya defisiensi vitamin A nya. Gejala pertamanya berupa pertumbuhan yang terhenti dan berat badan menurun, kemudian timbul kelainan-kelainan pada mata berupa:

  1. Pada mulanya buta senja, kemudian
  2. Xerophthalmia, mata menjadi kering karena kelenjar air matanya tak berfungsi, sehingga mata mudah terkena infeksi .
  3. Terjadinya keratitis (radang kornea mata) kemudian kornea mata melunak dan akhirnya bola mata pecah dan akan menimbulkan kebutaan.

  • Ulcus cornea yaitu luka pada kornea yang kemudian ditumbuhi bakteri sehingga bernanah. Terjadi karena kecelakaan, kemasukan pasir, dan sebagainya. Perlu pengobatan yang cepat dan segera.
  • Glaucoma yaitu suatu penyakit dimana tekanan dalam bola mata menjadi tinggi. Biasanya terdapat orang yang berusia lebih lanjut yaitu dari 40 tahun. Dapat menyebabkan kebutaan apabila pengobatan terlambat.
  • Chatharract, yaitu suatu penyakit pada mata dimana lensa mata menjadi keruh dan tak tembus cahaya sehingga visus atau ketajaman penglihatan berkurang ata buta sama sekali.
  • Retinoblastoma yaitu penyakit kanker pada retina mata.
Terimakasih sudah membaca tips-tips sehat dari promo-jitu.com tentang Inilah Penyakit Mata yang Sering Terjadi pada Masyarakat Indonesia.

Sumber: Entjang, Indan. 1983. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung. Citra Aditya Bakti










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.