Inilah HAM Yang Sebenarnya Dalam Agama Islam






















HAM (Hak Asasi Manusia) Dalam Agama Islam

HAM (Hak Asasi Manusia) Dalam Agama Islam

Kajian Islami Promo-Jitu.com - Banyak gagasan besar berkaitan dengan demokrasi dan HAM sama dengan pemikiran Islam. Kaidah hukum, prinsip dasar kepemimpinan demokratik, dalam yurisprudensi Islam (fiqih) sangat sentral. Sudah berabad-abad yang lalu, Islam menguasa public di setiap jenjang tidak sah atau tidak mengikat secara legal jika mereka tidak konsisten dengan hukum. Dan ini berkaitan dengan konsep perlindungan hak. Hukum Islam juga penganjur berat proses peradilan yang adil dan seimbang. Ini adalah konsep berakar pada Al-Quran, sumber dari segala sumber pedoman bagi orang Muslim. Karena, Al-Quran menekankan sekali penilaian secara adil dan seimbang terhadap persoalan hubungan antarmanusia. Islam menyatakan, misalnya, “Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, sekalipun terhadap diri sendiri, ibu bapak atau kaum kerabatmu. Jika ia kayak ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannnya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran dan jika kamu memutarbalikkan kata-kata atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.”. inilah konsep keadilan dan persamaan yang mengilhami khalifah terkenal Ali ibn Thalib menasehati para hakim bahwa “ketika kebenaran tiba, mereka harus menyampaikan penilaiannya tanpa rasa takut, tidak memihak atau berprasangka.

Jika kita membicarakan tentang hak-hak asasi manusia dalam Islam maka yang kita maksudkan adalah hak-hak yang diberikan oleh Tuhan. Hak-hak yang diberikan oleh raja-raja atau majelis-majelis legislative dengan gampangnya dapat dicabut kembali, semudah saat memberikannya; tetapi tidak ada individu meupun lembaga yang diberikan oleh Tuhan. Piagam dan proklamasi-proklamasi serta resolusi-resolusi PBB tidak bisa disebandingkan dengan hak-hak yang disertai sanksi oleh Tuhan: hak-hak yang disebut pertama tidak mengikat siapa pun, sedangkan yang disebut belakangan adalah suatu bagian integral dari kepercayaan Islam. Semua Muslim dan semua penguasa yang mengakui dirinya sebagai Muslim harus menerima, mengakui, melaksanakannya. Jika mereka gagal melaksanakannya atau melanggarnya dengan dalih apa pun, Al-Quran telah mengatakan dengan tegas: 

“Barangsiapa yang memutuskan perkara bukan menurut apa yang diturunkan Allah, mereka itu adalah orang-orang kafir (kafirun)” (5:44)

“Mereka adalah orang-orang zalim” (5:45)

“Mereka itu adalah orang-orang fasik” (5:47)

Islam pun meletakkan hak-hak tertentu bagi non-Muslim yang kebetulan hidup di dalam lingkungan perbatasan suatu negara Islam dan hak-hak ini dipandang sebagai bagian dari konstitusi Islam. Dalam terminology Islam, orang-orang non-Muslim tersebut disebut Ahli dzimmah. Ahli dzimmah berasal dari dua kata ahl dan dzimmah. Ahl berarti orang, sedangkan dzimmah berarti janji (ahd), aman (al-aman), atau tercela (dzamm). Disebut tercela karena orang melanggar janji pasti akan tercela. Ahli dzimmah adalah orang yang berjanji (al-mu;ahid). Ahli dzimmah pun disebut dzimmi. Ahli dzimmah adalah masyarakat yang bukan muslim yang hidup di tengah-tengah masyarakat Muslim dan mendapatkan perlindungan dari Negara Islam. Perlindungan tersebut dibuat karena mereka ingin hidup ingin hidup di tengah-tengah masyarakat muslim dengan damai dan membayar jizyah kepada Negara islam sebagai kompensasi keamanan tersebut. Disebut ahli dzimmah karena mereka memiliki perjanjian dengan Allah, Rasulullah, dan umat islam. Itu penjelasan dari admin promo-jitu.com tentang HAM (Hak Asasi Manusia) Dalam Agama Islam.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.