Inilah Dorongan Mencari Rezeki yang Halal







Dorongan Mencari Rezeki yang Halal

Inilah Dorongan Mencari Rezeki yang Halal


Kajian Islami Promo-Jitu.com - Pada dasarnya rezeki adalah segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi yang mendapatkannya. Bagaimanapun juga kenikmatkan hidup di dunia ini tetap diperlukan sebagai pijakan untuk merasakan kebahagian hidup di akhirat dengan sebaik mungkin. Contoh dalam masalah ini antara lain adalah wajibnya mencari nafkah. Bahkan kalau bisa, mencari nafkah sebaik mungkin supaya bukan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, akan tetapi  bisa melakukan amalan-amalan baik lainnya, seperti menunaikan ibadah haji, menyantuni anak yatim dan lain sebagainya. Jadi mencari nafkah atau harta sangat baik sekali asalkan niatnya juga baik dan tidak berlebih-lebihan dalam mencari harta dan terlebih lagi cara mencari harta pun harus halal. Mencari harta meskipun sedikit tetapi cara mendapatkannya haram maka itu tidak baik dan akan mendapatkan dosa. Ataupun niatnya jahat maka buruk pula harta yang didapatkannya.


Hadist riwayat Muslim:
                                  ﻋﻦﺃﺒﻲﻫﺮﻴﺮﺓﺮﺿﻲﷲﻋﻨﻪﻗﺎﻞ:ﻗﺎﻞﺮﺳﻮﻞﷲﷺﺇﻦﷲﻁﻴﺐﻻﻴﻗﺒﻞﺇﻻﻁﻴﺒﺎﻮﺇﻦﷲﺃﻣﺮﺍﻟﻣﯝﻣﻧﻴﻦﺒﻣﺎﺃﻣﺮﺒﻪﺍﻟﻣﺮﺳﻟﻴﻦ
                              ﻓﻘﺎﻞﺘﻌﺎﻞ:ﻳﺎﺃﻳﻬﺎﺍﻟﺮﺳﻞﻜﻟﻮﺍﻣﻦﺍﻟﻃﻳﺒﺎﺖﻮﺍﻋﻣﻟﻮﺍﺼﺎﻟﺤﺎﻮﻮﻗﺎﻞﺗﻌﺎﻞ:ﻳﺎﺃﻳﻬﺎﺍﻟﺬﻳﻦﺃﻣﻨﻮﺍﻜﻟﻮﺍﻣﻦﻄﻳﺒﺎﺖﻣﺎﺮﺰﻘﻨﺎﻜﻢﺛﻢﺬﻜﺮ
                                      ﺍﻟﺮﺠﻞﻳﻄﻳﻞﺍﻟﺴﻔﺮﺃﺸﻌﺚﺃﻏﺒﺮﻴﻤﺪﻴﺪﻴﻪﺇﻟﻰﺍﻟﺴﻤﺎﺀ"ﻴﺎﺮﺐ,ﻴﺎﺮﺐ" ﻮﻤﻄﻌﻤﻪﺤﺮﺍﻢﻮﻤﺸﺮﺑﻪﺤﺮﺍﻢﻮﻏﺬﻱﺑﺎﻠﺤﺮﺍﻢ
                                         (ﻓﺄﻨﻰﻴﺴﺘﺠﺎﺐﻠﻪ                                                                                        (ﺮﻮﺍﻩﻣﺴﻠﻢ

Artinya: Abu Hurairah r.a berkata bahwa Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah itu Maha baik, tidak menerima sesuatu kecuali yang baik. Dan Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang mukmin sebagaimana dia memerintahkan kepada para Rasul. Allah Swt berfirman, "Hai para rasul, makanlah segala sesuatu yang baik dan lakukanlah pekerjaan yang baik. Dan dia juga berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, makanlah apa-apa yang baik dari yang telah kami rezekikan kepadamu." Kemudian Rasulullah Saw menceritakan perihal seseorang yang menempuh perjalanan jauh, rambutnya kusut masai dan penuh debu. Dia menadahkan kedua tangannya ke langit sembari berkata 'Wahai Tuhan! Wahai Tuhan!' sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan perutnya dikenyangkan dengan makanan haram, maka bagaimana mungkin permohanannya dikabulkan. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim)

Inilah Dorongan Mencari Rezeki yang Halal

Oleh karena itu dapat kita pahami dari hadis yang diatas bahwa Allah Swt hanya menyukai yang baik. Jadi sesuatu yang haram atau buruk tidak akan diterima oleh Allah Swt, termasuk dalam halnya mencari rezeki. Apabila rezeki yang didapatkan dengan cara yang haram maka semua makanan, minuman, dan pakaian kita menjadi haram. Dan seluruh daging dan darah kita yang dihasilkan dari makanan yang haram tersebut akan menjadi haram juga. Maka apabila kita berdoa, sedikit kemungkinan akan dikabulkan terkecuali apabila bertaubat memohon ampunan kepada Allah Swt dan tidak mengulangi hal tersebut. Maka janganlah kita mencari rezeki yang haram, kita haruslah berusaha untuk mendapatkan rezeki yang halal. Banyak cara untuk mendapatkan rezeki yang halal dan kita tidak perlu resah dalam mencari rezeki asalkan mau berusaha pasti akan mendapatkan rezeki dan Allah Swt sudah menentukan rezeki setiap orangnya.Terimakasih sekali sudah menyempatkan untuk membaca penjelasan dari admin promo-jitu.com tentang Dorongan Mencari Rezeki yang Halal.