INFO PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNSIL 2018-2019 (UNIVERSITAS SILIWANGI)






















INFO PENDAFTARAN MAHASISWA DAN MAHASISWI BARU UNSIL (UNIVERSITAS SILIWANGI) 2018-2019


Edukasi Promo-Jitu.com - Kembali lagi dengan postingan informasi Universitas di negara kita tercinta, Indonesia. Sebelumnya admin mohon maaf karena tidak memposting informasi pendaftaran umtuk beberapa hari kebelakang.

Sebelumnya telah di jelaskan mengenai Informasi Pendaftaran Universitas Ternama seperti UGM dan ITB. Nah, untuk pada kali ini, admin akan kami memberikan informasi mengenai satu universitas yang mungkin namanya masih asing. Universitas ini baru menyandang gelar sebagai Universitas Negeri pada tahun 2014, universitas tersebut yaitu Universitas Siliwangi.

Ada beberapa keuntungan kuliah di Universitas yang baru negeri, salah satunya peluang untuk masuknya itu tinggi. Mengingat betapa ketatnya persaingan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, baik melalui jalur SNMPTN ataupun SBMPTN. Langsung saja, berikut ini akan dibahas mengenai Universitas Siliwangi mulai dari sejarah, fakultas, jurusan sampai jalur masuk. 

Info Pendaftaran Mahasisa Dan Mahasiswi Baru Unsil (Universitas Siliwangi) 2016/2017



1. PROFILE OF SILIWANGI UNIVERSITY

Universitas Siliwangi merupakan universitas terbesar di Priangan Timur dan berkomitmen untuk senantiasa akan selalu mengembangkan universitas dan meningkatkan kualitas lulusannya yang mampu menopang pembangunan bangsa, serta melalui yaitu dengan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta di dalam dan luar negeri. Sejak tahun 1996, Unsil mengangkat tenaga asing dari asal Amerika Serikat khususnya bagi pengembangan kemampuan berbahasa Inggris, baik bagi mahasiswa maupun untuk dosen.

Saat ini Unsil memiliki sekitar 13.000 mahasiswa dengan staf pengajar yang lebih dari 75% nya adalah lulusan S2 dan S3. Kampus Unsil yang mana berada di dalam kota, luas arealnya sebesar 6,9 ha, dilengkapi dengan laboratorium dan sarana olah raga, perpustakaan, balai pengobatan serta fasilitas lainnya termasuk fasilitas kegiatan kemahasiswaan, ditambah lahan praktikum dan penelitian juga bagi dosen dan mahasiswa seluas ± 30 ha.

Terdapat 24 macam wadah organisasi atau unit kegiatan yaitu tentang kemahasiswaan yang aktivitasnya dibimbing dan diawasi oleh lembaga.


2. FACULTY AND MAJOR IN SILIWANGI UNIVERSITY

Di Universitas Siliwangi terdapat 7 fakultas. Berikut rinciannya:

FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) :

  • Pendidikan Biologi (S1)
  • Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  • Pendidikan Matematika (S1)
  • Pendidikan Ekonomi dan Tata Niaga (S1)
  • Pendidikan Geografi (S1)
  • Pendidikan Sejarah (S1)
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) (S1)
  • Pendidikan Luar Sekolah (S1)
  • Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)




FAKULTAS EKONOMI :

  • Akuntansi (S1)
  • Manajemen (S1)
  • Ekonomi Pembangunan (S1)
  • Manajemen Keuangan dan Perbankan (Program D3)




FAKULTAS PERTANIAN :

  • Agribisnis (S1)
  • Agroteknologi (S1)



FAKULTAS TEKNIK :

  • Teknik Elektro (S1)
  • Teknik Sipil (S1)
  • Teknik Informatika (S1)



FAKULTAS ILMU KESEHATAN : Kesehatan Masyarakat (S1)

FAKULTAS AGAMA ISLAM : Ekonomi Syariah (S1)

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK : Ilmu Politik (S1)



3. THE WAY TO BECOME A SILIWANGI UNIVERSITY’S STUDENTS
Untuk tahun 2015, Universitas Siliwangi hanya membuka 2 jalur pendaftaran, yaitu melalui SBMPTN dan Ujian Mandiri. Namun untuk tahun 2018-2019, Ada 3 jalur untuk menjadi mahasiswa Universitas Siliwangi, yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri Unsil.

1. Pendaftaran SNMPTN UNSIL 2018-2019

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan jalur seleksi dan ditujukan untuk siswa yang berprestasi secara akademik berdasarkan dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

SNMPTN biasa juga dikenal dengan sebutan jalur undangan, karena hanya siswa yang mendapat undanganlah yang bisa mengikuti jalur seleksi ini. Jadi, dapat disimpulkan hanya siswa yang berprestasi dan mendapat undangan yang bisa mengikuti jalur seleksi ini.


Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
  1. Pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa
  2. Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa yang bersangkutan melalui alamat website www.snmptn.ac.id.

Pengisian data yang dilakukan oleh Kepala Sekolah yaitu melalui alamat pdss.snmptn.ac.id . Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan data siswa yang akan didaftarkan mengikuti SNMPTN. Setelah mengisi data, maka akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa. Berikan NISN dan Pasword tersebut kepada masing-masing siswa agar mereka dapat melakukan verifikasi data pendaftaran di PDSS.


Setelah verifikasi, siswa pendaftar melakukan pendaftaran SNMPTN ke alamat www.snmptn.ac.id. Berikut ini akan dijelaskan alur pendaftaran online SNMPTN. Simak dengan baik.
Pendaftar harus login ke www.snmptn.ac.id
Pendaftar login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
Pendaftar harus melakukan pengisian data, saat memilih Universitas, Pilih UNSIL.
Pendaftar mencetak kartu tanda peserta SNMPTN

Keterangan lebih lengkap mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, tahapan pelaksanaan dan lain-lainnya bisa dibaca pada artikel Info Pendaftaran SNMPTN 2018.


2. Pendaftaran SBMPTN UNSIL 2018-2019


SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan sebuah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa lulusan SMK/SMA/Sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir yang ingin mendaftar dan tidak harus mempunyai/mencantumkan prestasi akademik yang unggul. Siswa yang mempunyai kemampuan sedang atau biasa-biasa saja pun bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.


Seleksi jalur SBMPTN dilakukan dengan ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta SBMPTN baik melalui PBT ataupun CBT dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan. Ujian keterampilan itu sendiri biasanya dilaksanakan setelah ujian tertulis.


Di bawah ini akan diberikan tutorial pendaftaran online SBMPTN. Simak pembahasannya berikut ini:
Pendaftar dipersilakan buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.or.id
Pendaftar wajib melakukan pengisian data awal dan cetak bukti pengisian data awal jika telah mengisinya
Pendaftar harus membawa bukti tersebut saat membayar biaya pendaftaran di Bank
Setelah membayar, pendaftar akan mendapatkan KAP dan PIN.
Gunakan KAP dan PIN untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
Pendaftar melakukan pengisian data di alamat tersebut dengan lengkap dan benar. Anda dapat memilih UNSIL sebagai PTN pilihan anda.
Jika telah selesai, pendaftar diharuskan mencetak kartu tanda peserta SBMPTN sebagai tanda bukti identitas.
Pendaftar membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian berlangsung.


Penting!!!

Pendaftar yang mengikuti jalur program bidikmisi tidak harus membayar di Bank untuk mendapatkan KAP dan PIN, karena KAP dan PIN bisa didapatkan setelah mengisi data pendaftaran Bidikmisi.


3. Pendaftaran Ujian Mandiri UNSIL 2018-2019

Ujian Mandiri yaitu suatu jalur masuk UNSIL dengan test yang dikelola oleh pihak lembaga kampus UNSIL itu sendiri. Untuk saat ini, belum ada info pendaftaran Ujian Mandiri UNSIL. Namun, sebagai gambaran, tahun 2015 UNSIL melakukan Ujian Mandiri dengan bentuk test Computer Based Test (CBT). Test dalam pengisian soal-soalnya menggunakan komputer dan dilakukan selama beberapa hari.

Ujian Mandiri ditujukan bagi siswa yang tidak lolos seleksi di SNMPTN atau SBMPTN atau yang ingin mendaftar kembali dengan jurusan yang berbeda tentunya.

Demikian Info Pendaftaran Mahasisa Dan Mahasiswi Baru Unsil (Universitas Siliwangi) 2018-2019. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam Mahasiswa!










#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi