Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (POLINELA) 2020-2021




Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) 2020-2021

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) 2019-2020

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) 2020-2021-   Pada tanggal 7 April tahun 1984 dengan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 14 tahun 1984, Politeknik Pertanin Universitas Lampung secara resmi berdiri. Berdirinya Politeknik tersebut yaitu untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga terampil dan profesional dibidang pertanian.

Politeknik Pertanian Universitas Lampung sejak tanggal 3 Nopember 1988 menempati kampus baru di JL. Soekarno-Hatta, Rajabasa-Bandar Lampung dan semakin berkembang. Penanggung jawab dari penegmbangan Politeknik Pertanian Negeri Lampung dilantik oleh Rektor Universitas lampung, dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No 036 tahun 2001 mengenai Pendirian Politeknik Pertanian Negeri Bandar Lampung, dan resmi menjadi salah satu Perguruan Tingg Negeri (PTN) di Provinsi Bandar Lampung. Dan pada tanggal 19 Oktober 2002 berdasarkan rapat Senat Polteknik, menetapkan perubahan nama menjadi Politeknik Negeri Lampung hingga saat ini.

POLINELA merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berorientasi pada kecakapan kerja berdasarkan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sehingga mahasiswa mampu  mengembangkan keahlian terapan dan beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu, Yang pada akhirnya lulusan dari POLINELA mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Adapun jurusan beserta Program studi yang terdapat di POLINELA yaitu sebagai berikut :
  • Budidaya Tanaman Pangan, dengan Prodi :
  1. Teknologi Pembenihan
  2. Hortikultura
  3. Produksi Tanaman Pangan
  • Budidaya Tanaman Perkebunan, dengan Prodi :
  1. Produksi Tanaman Perkebunan
  2. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan

  • Teknologi Pertanian, dengan Prodi :
  1. Teknologi Pangan
  2. Teknik Sumber Daya Lahan & Lingkungan
  3. Mekanisasi Pertanian

  • Peternakan, dengan Prodi :
  1. Budidaya Perikanan
  2. Produksi Peternakan

  • Ekonomi & Bisnis, dengan Prodi :
  1. Akuntansi
  2. Manajemen Informatika
  3. Agrobisnis

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di POLINELA, terdapat beberapa jalur masuk yang dapat ditemmpuh dan dipilih salah satunya, diantaranya yaitu :
  • PMDK-PN ; Penulusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), Yaitu jalur seleksi nasional yang diselenggarakan pemerintah dengan berdasarkan prestasi akademik dan prestasi lainnya beserta nilai raport yang baik. Peserta harulah mendapat rekomendasi dari kepala sekolah, kemudian mengisi data untuk mendapatkan PIN agar bisa log-in dan mendaftar PMDK-PN. Untuk pendaftaran silahkan akses di www.pmdk.politeknik.or.id
  • UMPN POLINELA ; Ujian Masuk Politeknik Negeri, merupakan Jalur seleski berdasarkan ujian/tes tulis yang diadakan oleh seluruh Politeknik yang ada di Indonesia. Persyaratan untuk bisa mengikuti jalur seleksi adalah :
  1. WNI/ WNA yang mendapatkan ijin resmi dari Direktoral Jendral Pendidikn Tinggi, Departemen Pendidikan RI
  2. Luusan SMK/SMA sederajat, dengan usia maksimal 24 tahun
  3. Memiliki jiwa dan badan yang sehat, dengan melampirkan surat keterngan sehat dari dokter sebagai bukti, serta tidak buta warna
  4. Memiliki email pribadi untuk pendaftaran, dan
  5. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank yang telah ditentukan.
Untuk pendaftaran atau info lebih lanjut silahkan akses di www.pmb.polinela.ac.id
  • Jalur Beasiswa Bidikmisi ;  Yaitu bantuan dari pemerintah berupa biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang berprestasi dan tergolong dari keluarga yang kurang mampu (miskin). Untuk pendaftaran dapat dilakukan di alamat www.bidikmisi.belmawa.risetdikti.go.id dengan memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan.
  • Jalur UMPNL POLINELA ; Yaitu jalur seleksi yang diselenggarakan oleh POLINELA secara pribadi,  berdasarkan ujian/tes tulis dengan persyaratan dan prosedur yang telah ditetapkan. Untuk info lebih lanjut silahkan akases website resmi POLINELA di www.polinela.ac.id
Demikian informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) 2020-2021.