Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (UNSRAT) 2019-2020 Universitas Sam Ratulangi Manado






















Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado 2019-2020

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru (UNSRAT) Universitas Sam Ratulangi Manado 2019-2020

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado 2019-2020 di Promo-JItu.com- Cita-cita mendirikan Perguruan Tinggi di Manado menjadi tonggak dasar berdirinya Universitas Sam Ratulangi. UNSRAT merupakan perkembangan dari Perguruan Tinggi Manado (PTM) yang pada tanggal 1 Agustus 1958 baru memiliki empat fakultas. Dan pada bulan Oktober, PTM berubah nama menjadi Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSUT) yang statusnya pada saat itu masih swasta.

Kemudian pada tahun 1960 UNSUT berubah  nama menjadi UNISUT (Universitas Sulawesi Utara dan Tengah) yang menjadi langkah awal untuk menyandang status negeri. Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No. 22 tahun 1961 tanggal 4 Juli 1961 akhirnya UNISUT resmi menyandang status negeri dengan memiliki lima fakultas. Dengan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 277 tanggal 14 September 1965 UNISUT ditetapkan pengeshan menjadi Universitas negeri di Manado dan berganti nama menjadi UNSRAT (Universitas Sam Ratulangi) hingga saat ini.

Pada masa pengesahan UNSRAT barulah memiliki tujuh fakultas. Namun dengan upaya yang dilakukan UNSRAT mengalami perkembangan yang signifikan sehingga kini UNSURAT telah memiliki sebelas fakultas, dan satu Program Pascasarjana. Nama-nama fakultas tersebut antaralain :
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Matematika dan IPA
  • Program Pascasarjana
Adapun bagi calon mahasiswa baru yang menginginkan menempuh atau melanjutkan pendidikan di UNSRAT, disini terdapat beberapa Jalur masuk yang bisa dipilih salah satunya oleh para peserta, yaitu diantaranya :
  • SNMPTN ; Yaitu Jalur undangan yang diselenggarakan secara nasional bagi calon mahasiswa yang mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah dengan nilai raport baik yaitu rata-rata 7,5 serta memiliki prestasi akademik maupun non akademik. Peserta akan mendapatkan NISN dan Password yang diberikan oleh kepala sekolah untuk dapat log-in dan mendaftar di www.snmptn.ac.id setelah mengisi PDSS terlebih dahulu.
  • SBMPTN ; yaitu jalur seleksi nasional yang dilakukan dengan cara tes tulis dan tes keterampilan bagi peserta yang memilih Program Studi Olahraga atau Seni. Tata cara bagi peserta yang akan mengikuti ujian dari SBMPTN ini yaitu diantaranya :
  1. Peserta melakukan pendaftaran awal di www.sbmptn.or.id 
  2. Selnjutnya cetak kartu  pendaftaran dan bawa ke bank sebagai bukti pendaftaran
  3. Peserta melakukan pembayaran pendaftaran di bank yang telah ditentukan dengan menunjukan bukti pendaftaran yang telah dicetak
  4. Selanjutnya peserta akan mendapatkan PIN dan KAP dari bank
  5. Akses kembali situs sbmptn dan log-in dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diterima dari bank
  6. Kemudian isilah formulir yang tersedia secara benar dan lengkap
  7. Cetaklah Kartu tanda peserta dan bawa pada saat ujian SBMPTN dilangsungkan
  •  Bidikmisi ; Yaitu program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah berupa bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berpretasi dan kurang mampu (miskin). Peserta bisa mengikuti jalur ini bila telah mengikuti salah satu jalur baik SNMPTN ataupun SBMPTN. Untuk info lebih lanjut silahkan akses www.bidikmisi.belmawa.risetdikti.go.id
  • Jalur Tumou Tou (T2) : Jalur yang diselenggarakan oleh UNSRAT dengan persyaratan dan prosedur yang telah ditetapkan. Untuk Info lebih lnjut silajan akses di www.unsrat.ac.id
Demikian informasi yang kami sampaikan seputar Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado 2019-2020 di Promo-JItu.com.  Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai UNSRAT bisa langsug akses di www.unsrat.ac.id. Terimakasih. Semoga sukses dan tetap semanagt !










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.