Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (UNDIP) 2020-2021











Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (UNDIP) Universitas Diponegoro 2020-2021

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru (UNDIP) Universitas Diponegoro


Info Pendaftaran Mahasiswa Baru di  Promo-Jitu.com-  Sekilas sejarah tentang universitas Diponegoro atau yang disingkat sebagai UNDIP ini ialah salah satu universitas terbaik di Indonesia yang terletak di Semarang. Perlu diketahui bahwa universitas ini didirikan pada tahun 1956 dan saat baru berdirinya universitas ini belum menjadi Perguruan Tinggi Negeri, melainkan  masih menjadi Perguruan Tinggi Swasta.

Baru sekitar tahun 1961 mendapatkan status sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Berdirinya Univertas ini didirikan karena pada sekitar tahun 1950 masyarakat Semarang atau masyarakat yang berada di Jawa Tengah.


Barulah pada tanggal 9 Januari 1960, presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno mengubah nama Universitas Semarang ini menjadi Universitas Diponegoro. Dan penggantian nama ini merupakan suatu penghargaan terhadap perguruan tinggi negeri ini karena prestasinya didalam membina bidang pendidikan tinggi di daerah Jawa Tengah.UNDIP ini mempunyai 12 Fakultas yaitu, Kedokteran, Teknik, Hukum, Ekonomika dan Bisnis, Perikanan dan ilmu kelautan, Sains dan Matematika, Perternakan dan Pertanian, Ilmu Budaya, Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Psikologi, dan Pascasarjana.

Tidaklah dipungkiri bahwa Perguruan Tinggi Negeri ini mempunyai banyak peminatnya karena selain mengeluarkan lulusan yang terbaik, lingkungan kampusnya pun sangat hijau dan asri. Untuk yang ingin menepuh kuliah di UNDIP, UNDIP ini membuka lima jalur, yaitu:
  • PSSB D3 yaitu kepanjangan dari Program Seleksi Siswa Berperstasi. Pendaftaran Online nya mulai dari tanggal  Januari sampai Maret 2020-2021, Info selengkapnya dapat dilihat di www.um.undip.ac.id .
  • SNMPTN ialah kepanjangannya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, seleksi ini berdasarkan hasil raport siswa yang dilihat dari semester awal sampai semester lima. Pendaftaran online nya mulai pada bulan Februari sampai maret 2020-2021 di www.snmptn.ac.id
  • SBMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, seleksi ini penilainya berdasarkan hasil ujian tulis. Pendaftarannya baru akan dibuka pada bulan April sampai Mei 2020-2021 di www.sbmptn.ac.id
  • UM S1 dan D3 ialah kepanjangan dari Ujian Mandiri yang akan diselenggarakan oleh pihak UNDIP. Untuk Ujian Mandiri yang ingin mengambil program S1 pendaftarannya pada tanggal  April sampaiMei 2020-2021, Dan untuk Ujian Mandiri yang ingin mengambil program D3 pada tanggal 29 Mei sampai  Juni 2020-2021. info selengkapnya dapat dilihat di www.um.undip.ac.id
Terimakasih sudah membaca Artikel di promo-jitu.com tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Diponegoro 2020-2021.