Info Pendaftaran Mahasiswa Baru (UNAND) 2018-2019 Universitas Andalas






















Info Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Andalas (UNAND) 2018-2019

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru di (UNAND) Universitas Andalas 2018-2019

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru (UNAND) Universitas Andalas 2018-2019 Promo-Jitu.com- Berdirinya Universitas Andalas yang sangat dikagumi oleh masyarakat Sumatra Barat ini mempunyai sejarah panjang dalam proses terbentuknya. Dimulai saat abad ke-20 ini masyarakat Sumbar ini mempunyai keinginan untuk mendirikan universitas di daerah Sumatra Barat, akan tetapi pemerintah kolonial Belanda menolak dan masyarakat Sumatra Barat tidak diberi kesempatan untuk meciptakan perguruan tinggi.

Pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia para pengemuka Sumbar ini kembali mengemukakan keinginan untuk membuat perguraan tinggi di daerah Sumatra Barat agar terciptanya pemuda yang terdidik dan dapat mengisi kemerdekaan serta menggiring kemajuan dan juga kejayaan bagi bangsa di masa yang akan datang. Tetapi keinginan para pemuka ini harus diurungkan kembali karena saat itu sedang terjadinya perang kemerdekaan dan menentang akan datangnya bangsa kolonial Belanda yang akan menjajah Indonesia kembali.BArulah sekitar tahun 1948 keinginan itu terwujud, dengan didirikannya enam akademi yaitu akedemi Pamong Praja, Akademi Pendidikan Jasmani, dan Akte A bahasa Inggris, Akademi Sekolah Inspektur Polisi, dan Akademi Kadet. Dan akademi ini terletak di Bukittinggi. Dan juga keberhasilan enam akademi ini semakin memimicu pemuka masyarakat Sumatra Barat untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi.

Pemerintah Indonesia merencanakan untuk mendirikan Fakultas Hukum di Padang, Fakultas Ekonomi di Palembang, dan Fakultas Kedokteran di Medan saat tahun 1949. Akan tetapi karena terdapatnya keterbatasan yang dihadapi pemerintah saat itu pendirian ini ditunda. Dan akibat dari itu, suatu Yayasan yang diberi nama "Yayasan Sriwijaya" mempunyai inisiatif untuk membuat Balai perguruan tinggi hukum pancasila atau BPTHP yang terletak di Padang pada 17 Agustus 1951.

Mengikuti langkah yayasan tersebut akhirnya pemerintah mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru di daerah Batu sangkar pada 23 Oktober 1954, Perguruan tinggi negeri pertanian di Payakumbuh pada tanggal 30 November 1954, serta fakultas kedokteran, fakultas ilmu pasti dan ilmu pengetahuan alam di bukittinggi pada tanggal 7 september 1955. Dan keempat Perguruan tinggi ini oleh wakil Presiden yaitu Drs. Mohammad Hatta diresmikan. beriringan dengn hal ini, Yayasan Sriwijaya menyerahkan BPTHP ke Pemerintah Propinsi Sumatra Tengah dan juga semenjak itu BPTHP berganti nama dengan Fakultas Hukum dan ilmu Pengetahuan Masyarakat.

kelima fakultas tersebut menjadi asal mulanya mendirikan Universitas Andalas. Universitas atai Fakultas tersebut yang pertama kali didirikan di pulau Sumatra, oleh karena itu, Bung Hatta mengusulkan nama menjadi "Universitas Andalas", hal ini merujuk pada nama pulau Sumatra yang saat itu juga terkenal dengan Pulau Andalas. Dan Universitas Andalas ini pada tanggal 13 September 1956, Wakil Presiden Drs.Mohammad Hatta meresmikan atas pembukaannya Universitas Andalas ini.

Universitas Andalas ini mempunyai berbagai macam program studi, yaitu Agribisnis, Agroekoteknologi, Agroteknologi, Akuntansi, Antropologi Sosial, Biologi, Ekonomi Pembangunan, Farmasi, Fisika, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Keperawatan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu Sejarah, Ilmu Tanah, Kebidanan, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Kimia, Manajemen, Matematika, Pendidikan Dokter Gigi, Peternakan, Psikologi, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Minangkabau, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Sosiologi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, teknik Mesin, Teknik Pertanian, Teknik Sipil, dan Teknologi Hasil Pertanian. Untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri ini, Universitas Andalas membuka beberapa jalur, yaitu:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri aytau yang disingkat sebagai SNMPTN ini, pola penyeleksiannya melihat raport semester awal sampai semester lima, yang mendaftar jalur ini haruslah sekolah dan siswanya mempunyai Nomer Pokok Sekolah Nasional (NPSN). untuk info selengkapnya dapat dilihat di www.snmptn.ac.id
  • SBMPTN ialah seleksi tertulis yang dilakukan oleh PTN secara bersamaan dan dibawah koordinasi Panitia Pusat. Ujian tulis ini dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakn komputer (CBT). info selengkapnya dapat dilihat di www.sbmptn.ac.id
Terimakasih sudah membaca Artikel di promo-jitu.com tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Andalas 2018-2019.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.