Hukum Pacaran Dalam Islam






















Hukum Pacaran Dalam Islam

Hukum Pacaran Dalam Islam




Kajian Islami Promo-Jitu.com - Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT dianugerahkan rasa cinta sebagai bagian dari  fitrah. Hal ini sekaligus  mempertegas salah satu  pertanda kebesaran Allah. Meski begitu, Islam mengatur agar rasa cinta serta sayang ini tidak keluar dari koridor-koridor yang telah ditentukan. Islam hadir membawa solusi untuk masalah ini,  yaitu melalui pernikahan. Mungkin ada yang bertanya, kenapa menikah solusinya?  bagaimana bila belum siap? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.  Jawabannya sederhana, karena islam sangat menjaga dan mengistimewakan manusia, utamanya kaum hawa. Islam melarang pacaran sebab aktivitas ini lebih banyak mengandung mudharatnya ketimbang aspek positifnya.

Bukan maksud saya menggurui saudara sekalian, tapi saya ingin mengajak Anda membuka pikiran supaya tidak salah menilai. Poin pertama mengapa islam melarang pacaran adalah karena kegiatan ini tidak pernah dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW. Tidak ada satu hadist maupun riwayat  yang mengatakan bahwa Rasul memerintahkan umatnya untuk pacaran.  Kedua, pacaran merupakan langkah awal terjerumus dalam zina. Hal ini seperti yang tertera dalam Al-qur’an surat Al-isra ayat 32 yang artinya, ’’ Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk”.  Sebagaian orang pasti berpikir,’’ ah, kami kan pacaran gak ngapa-ngapain” .Coba pikir lagi, siapa yang berani menjamin syaitan tidak hadir ketika seorang lelaki dan wanita sedang berduaan?  ingat, manusia diberikan hawa nafsu yang sifatnya ingkar. Nafsu inilah yang menjadi senjata utama syaitan untuk menjerumuskan manusia.

Orang pacaran pasti lekat dengan dosa, minimal mereka berpegangan tangan, atau bertatapan mata. Padahal jangan kan menyentuh, menatap mata berlama-lama orang yang bukan muhrim saja sudah zina mata. Barangkali pembaca akan membantah dengan pendapat,’’ jangan sok suci!” atau argumen, “hari gini gak pacaran, apa kata dunia?”.  Saya mengajak renungkan kalimat ini, “ lebih takut mana, perkataan manusia, atau siksaan Allah?”. Camkan lah ini, “Pacar belum tentu menjadi jodoh, tak peduli selama apapun bersama”.
    
Lantas, bagaimana kalau terlanjur muncul suka, cinta tapi  namun belum siap tuk menikah?  solusinya adalah berdo’a kepada Allah. Kembalikan lah perasaan itu kepada Dzat Yang Maha Segalanya. Tidak perlu diumbar, biarlah engkau dan Rabbmu yang mengetahuinya. Sebut saja nama orang itu dalam tiap do’amu. Tidak salah engkau merayu Allah dalam do’a serta sujud.  Karena jika memang benar ia adalah jodohmu, tidak ada satu pun yang dapat menghalangi bersatunya dua insan. Namun  apabila dia bukan jodohmu, percayalah Allah sudah mempersiapkan seseorang yang lebih pantas untukmu.  Kenang saja kalimat ini, “ Apabila pada akhirnya kamu tidak berjodoh dengan orang yang selalu kau sebut namanya dalam do’a, maka yakinlah kau akan dipertemukan dengan orang yang diam-diam menyebut namamu dalam do’anya”.

Setiap manusia diciptakan berpasangan, jangan khawatir soal jodoh. Mendekatlah pada yang Maha Mengatur. Ini yang disebut mencintai dalam diam.  Jangan merisaukan sesuatu yang sudah menjadi ketetapan, termasuk jodoh. Perbaiki dan pantaskanlah diri adalah pekerjaan yang mesti dilakukan.  Menyalurkan perasaan cinta dan sayang, tidak melulu harus pacaran. Pacaran adalah sebuah bentuk ketidaksiapan mental dalam menjalin hubungan. Istilah kata, pacaran itu halte yang digunakan untuk tempat persinggahan sementara. Sedangkan menikah, adalah seumpama pelabuhan tempat berhenti  setelah melewati  pelayaran yang panjang. Saya tanyakan pada saudara, mau menjadi halte, atau mau menjadi pelabuhan?

Bagi yang tidak mempunyai pacar, berbanggalah. Karena Allah sangat sayang pada saudara, Dia memelihara Anda dari keburukan maksiat berlabel pacaran.  Terus pegang teguh prinsip menjomblo atau single. Kaum single itu special mahalnya.  Istilah kata, barang mahal hanya akan dimiliki orang-orang tertentu, sementara barang murah bebas dimiliki siapa saja. Sedikit curhat, saya adalah segelintir golongan yang tidak ingin pacaran.  Hidup dan waktu saya terlalu berharga tuk dihabiskan dengan orang yang belum tentu tepat. Saya bahagia dengan prinsip menjomblo. Tidak masalah.

Saya tidak peduli jika Anda berkomentar negative tentang tulisan ini, silahkan saja Anda melabeli saya kolot, kuno, gak asik dan lain-lain. Yang jelas, saya cuma mengajak kepada kebaikan dan mengamalkan hadist nabi yang berbunyi, “ Sampaikanlah walau hanya satu ayat”.

Saya tidak akan berpanjang lebar menguraikan semuanya  sebab saya pribadi masih memiliki keterbatasan  ilmu agama. Terakhir, saya berpesan untuk kaum  Adam dan hawa.  Wanita itu umpama sebuah barang, jika engkau menyukainya, carilah siapa pemiliknya, lalu tunjukkan keseriusanmu dengan membelinya. Tidak boleh diambil tanpa izin pemilik. Maksudnya, kalau lelaki sangat mencintai seorang wanita, maka datang temui orangtuanya, katakan  niat sucimu pada mereka. Belilah pujaan hatimu itu melalui ijab Kabul kelak.  In shaa Allah, kalau niatmu lurus, maka tidak akan menemui kendala berarti.

Sekarang, pertanyaan dasarnya ada pada wanita, mau menjadi barang murahan atau mau menjadi barang mahal?

Kemudian kaum adam, ingatlah! “ lelaki sejati adalah dia yang berani mengetuk rumah orangtua calon dan melamar anaknya”.

Tulisan ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran serta kritik yang membangun dari pembaca guna perbaikan kedepannya. 
Sekian dari saya promo-jitu.com tentang Hukum Pacaran Dalam Islam , lebih dan kurangnya mohon maaf










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.