5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan






















5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan

1. Alang-alang
5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan

Nama ilmiah: Imperata cylindrical Beauty

Ciri-ciri Umum: Tumbuhan terna, termasuk family poaceae, tumbuhan tegak dengan tinggi 30- 180 cm. rimpang kaku, berbatang padat, dan pada bukunya berbulu jarang. Daun berbentuk pita, ujung tajam, kasar, panjang daun sekitar 180 cm, lebar 3 cm. bunga berupa bulir majemuk, agak menguncup. Panjang bulir 3 mm, pada pangkal bulir terdapat rambut halus panjang berwarna putih.

Kandungan kimia: Asam kersik, Damar, dan logam alkali.

Khasiat dan manfaat: Diuretik antipiretik, dan tekanan darah tinggi
Bagian tanaman yang digunakan untuk obat: Rimpang

Cara penggunaan: Ambil rimpang kering 30 sampai 60 gram, rebus dengan 4 gelas air sisakan menjadi 1 setengah gelas. Dinginkan, saring, dan minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

2. Belimbing Asem atau wuluh
5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan

Nama Ilmiah: Averrhoa bilimbi L

Ciri-ciri umum: Termasuk family Oxalidaceace, berbentuk pohon. Batangnya kasar berbenjol-benjol. Cabangnya sedikit, arahnya condong keatas. Pada cang yang muda berbulu halus seperti beludru, warna coklat muda. Daun majemuk dan berbentuk lonjong, ujungnya lancip, permukaan daun bagian atas berbulu jarang, sedangkan bagian bawah berbulu padat seperti beludru. Bunga berupa malai, berkelompok, keluar dari batang dan cabang. Helaian mahkota bunga berbentuk elips, berwarna ungu gelap, dan pangkalnya ungu muda.

Kandungan kimia: buahnya mengandung asam kalium oksalat, daun mengandung tannin, sulfur, asam format, proksidase, kalium oksalat, dan kalium sitrat.

Khasiat dan manfaat: daunnya berkhasiat untuk obat sakit perut, anti-radang untuk encok, dan menurunkan demam. Bunganya berkhasiat untuk obat batuk rejan, gusi berdarah, jerawat, panu, tekanan darah tinggi, bidur dan lemumpuhan.

Bagian tanaman yang digunakan: Daun, bunga, dan Buah

Cara penggunaan: - Rebus daun segar belimbing asem atau wuluh sebanyak 100 gram dengan 2 liter air sampai ¾ nya. Jika sudah hangat bisa pakai untuk merendam sendi yang sakit.
-Giling halus 100 gram daun belimbing wuluh, 10 biji cengkih, dan 15 biji lada, tambahkan cuka sedikit demi sedikit sampai bahan tadi menjadi adonan seperti bubur kental. Oleskan ramuan tersebut ke sendi yang sakit.

3. Cengkeh
5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan

Nama Ilmiah: Syzygium aromaticum (L)

Ciri-ciri Umum: cengkih termasuk family Myrtaceae, merupakan pohon dengan tinggi mencapai 45 meter. Jika memar, batangnya berbau harum. Percabangan banyak. Pohon yang tumbuh ditempat yang subur tajuknya rimbun dan berbentuk hampir segitiga memanjang. Letak daun berhadapan, bentuk bundar telur sungsang sampai lonjong, pangkal daun lancip, ujung daun lancip sampai tumpul, permukaan atas daun mengilap.

Kandungan Kimia: Minyak asiri 16-20%, eugenol 80-82%, asetil eugenol, kariofilen, furfural, metil-amilketon, vanillin, kariofilen, tannin, gom, serat, air, asam galatanat, kalsium oksalat.

Khasiat dan Manfaat: Kuncup bunga cengkih berkhasiat sebagai pelega perut, mengatasi sakit perut, sakit gigi, obat cacing. Minyak asirinya bermanfaat untuk perut mulas atau mual.

Bagian tanaman yang digunakan sebgai obat: kuncup bunga

Cara penggunaan: kuncup bunga cengkih kering secukupnya, rendam dengan minyak kelapa 50ml selama 14 hari, kemudian dikocok. Minyak ini dipakai untuk menghangatkan bagian tubuh yang sakit.

4. Ciplukan
5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan

Nama Ilmiah: Physalis Peruvina L

Ciri-ciri umum: Termasuk family Solanaceae dan tanaman semak musiman. Tumbuh baik di daerah dengan ketinggian hingga 1.800 meter dpl. Mudah dijumpai di lahan-lahan kosong yang tidak terlalu becek, seperti dipinggir selokan atau di tebing-teing sungai.

Kandungan kimia: Asam klorogenik, asam sitrun, fisalin, asam malt, alkaloid, tannin, kriptoxanthin, vitamin C, gula, dan asam elaidik.

Khasiat dan manfaat: Analgetik, meluruhkan air seni, menetralkan racun, meredakan batuk, merangsang dan mengatifkan fungsi kelenjar-kelenjar dalam tubuh.

Bagian tanaman yang digunakan: seluruh bagian tanaman dapat digunakan untuk mengobati rematik.

Cara penggunaan: rebus ciplukan kering 10 gram dengan 3 gelas air hingga menjadi setengahnya. Setelah itu dinginkan dan saring. Minum 3 kali setengah gelas perhari.

5. Kelor
5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan

Nama Ilmiah: Moringa oleifera Lamk

Ciri-ciri Umum: Termasuk family Moringaceae. Pohon ini mencapai tinggi sekitar 8m. batangnya berkayu, bulat, bercabang dan berbintik hitam. Anak daun bulat telur, tepi rata, ujung berlekuk, menyirip, berwarna hijau. Bunga berbentuk malai, letak di ketiak daun. Daun kelopak berwarna hijau, benang sari dan putik kecil, mahkota putih.

Kandungan ilmiah : biji kelor mengandung minyak ‘behen’ akarnya mengandung minyak terbang. Beberapa sel mengandung myrosine.

Khasiat dan Manfaat : antirematik dan peluruh kencing (dieuretik)

Bagian tanaman yang digunakan : Daun segar.

Cara penggunaan :
- Rebus akar kelor secukupnya, saring, dan minum airnya.
-Tumbuk halus2-3 gagang daun kelor dan ½ sendok makan kapur sirih, balurkan ke bagian yang sakit.

Jadi itu merupakan ulasan dari promo-jitu.com mengenai 5 Jenis Tumbuhan Yang Sering Dijumpai Dan Dapat Digunakan Untuk Pengobatan.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.