Suka Wisata Indonesia

INFORMASI PENDAFTARAN SNMPTN 2017-2018





















INFO PENDAFTARAN UNTUK JALUR SNMPTN 2017-2018

Edukasi Promo-Jitu.com - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu menjadi incaran utama siswa SMA/SMK/Sederajat yang akan melanjutkan sekolah setelah dinyatakan lulus oleh pihak yang bersangkutan. Selain dikarenakan biaya UKT-nya murah, PTN juga dinilai lebih bergengsi daripada PTS/ Institut lainnya. Namun perlu diketahui, untuk dapat masuk Perguruan Tinggi Negeri tidaklah mudah, ada 3 jenis seleksi yang masing-masing sangat ketat, diantaranya:

  1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  3. Ujian Mandiri

Pada untuk kesempatan ini juga, maka PROMO-JITU.com akan memberikan atau menyampaikan informasi seputar SNMPTN dan Pendaftaran SNMPTN 2017-2018. Informasi ini diharapkan dapat membantu Anda dalam melakukan proses pendaftaran SNMPTN. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini.

INFORMASI PENDAFTARAN UNTUK JALUR SNMPTN 2017-2018

  • APA ITU SNMPTN?


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah merupakan pola seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil penelusuran prestasi untuk akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) hingga sampai dengan pada semester 5 (lima) bagi siswa dan sisiwi SMA/MA dan SMK degan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan sampa dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajarnya adalah 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Sekolah memiliki peran penting dalam proses seleksi SNMPTN. Karena sekolah pendaftar tersebut harus terdaftar terlebih dahulu dan berkewajiban mengisi (PDSS) Pangkalan Data Sekolah dan Siswa dengan lengkap dan benar, serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses pendaftaran.
Dahulu SNMPTN dikenal dengan sebutan seleksi jalur undangan. Hanya siswa-siswa terbaik dan beruntung yang berhak mendapatkan kesempatan untuk masuk PTN yang dipilih. Rekam jejak sekolah pendaftar juga menjadi bahan pertimbangan dalam penyeleksian ini.


  • APA SAJA PERSYARATAN PENDAFTARAN SNMPTN 2017-2018?

Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN, anda perlu memperhatikan persyaratan apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran SNMPTN. Persyaratan SNMPTN dibagi menjadi persyaratan untuk pendaftaran SNMPTN untuk sekolah dan juga untuk siswa peserta SNMPTN. Berikut informasi selengkapnya.

Persyaratan Sekolah:

  1. SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS yaitu dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar:

  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir dan akan lulus pada tahun 2017-2018
  • Siswa yang memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester3, semester4 dan semester5, yaitu dengan ada beberapa ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, yaitu 75% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, yaitu 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, yaitu 20% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi siswa dan sisiw SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat juga dilihat pada laman PTN bersangkutan nantinya).

  • BAGAIMANA TATA CARA PENDAFTARAN SNMPTN 2017-2018?

Tata cara pendaftaran SNMPTN dilakukan menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua yaitu pendaftaran SNMPTN secara mandiri oleh siswa. Semua tahap tersebut dilakukan secara online melalui situs resmi untuk pada pengisian form pendaftaran SNMPTN tersebut yaitu dengan situs www.pendaftaran.snmptn.ac.id. Berikut informasi selengkapnya.

Cara Pengisian PDSS oleh Sekolah pada SNMPTN 2017-2018

  1. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan membuka website resmi pengisian PDSS, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  2. Mengisi data diri siswa pada PDSS tersebut.
  3. Kepala Sekolah akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  4. Masing-masing siswa akan diberi NISN dan Password oleh kepala sekolah.
  5. Siswa peserta SNMPTN melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh sekolah.
  6. Apabila peserta SNMPTN tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut dianggap sudah benar.
  7. Siswa peserta SNMPTN melakukan pendaftaran SNMPTN.

Cara Pengisian PDSS oleh Sekolah pada SNMPTN 2017-2018

  1. Siswa peserta SNMPTN membuka laman resmi pendaftaran SNMPTN yaitu pendaftaran.snmptn.ac.id
  2. Siswa peserta SNMPTN mengisi biodata dengan lengkap dan benar
  3. Memilih PTN dan pilihan program studi serta mengunggah (upload) foto resmi terbaru dan dokumen prestasi pendukung (jika ada)
  4. Membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  5. Siswa peserta SNMPTN yang mendaftar program seni dan keolahragaan wajib mengunggah bukti keterampilan yang telah disahkan sebelumnya oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh di laman snmptn.ac.id
  6. Cetak kartu bukti pendaftaran apabila telah mengisi formulir pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan pada akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

PENTING!!!!

  1. Biaya SNMPTN ditanggung Pemerintah, sehingga Siswa Pendaftar tidak dipungut biaya apapun (gratis).
  2. Pendaftar bisa dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan pada SMA asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  3. Pendaftar bisa dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan dalam satu PTN sebanyak-banyaknya boleh dengan memilih 2 (dua) program studi.
  4. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  5. Siswa SMK hanya diizinkan untuk memilih program studi yang sesuai relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  6. Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama dengan berdasarkan urutan pilihan program studi,
  7. Pendaftar yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan untuk yang  pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.
  8. Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN untuk pada tahun berikutnya.
  9. Siswa yang melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusan SNMPTN.
  10. Siswa Pendaftar yang berasal dari kalangan tidak mampu secara ekonomi, maka bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN setelah mendaftar Bidikmisi. Pendaftaran bidikmisi dilakukan melalui alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id

JADWAL PENTING SNMPTN 2017-2018

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS dilakukan pada  Januari - Februari 2017-2018
  • Pendaftaran Online SNMPTN pada Februari - Maret 2017-2018
  • Pencetakan kartu Tanda Peserta SNMPTN pada  Maret -  April 2017-2018
  • Proses seleksi SNMPTN pada Maret - Mei 2017-2018
  • Pengumuman SNMPTN pada  Mei 2017-2018
  • Proses Verifikasi/ Pendaftaran Ulang dilakukan di masing-masing PTN bagi yang lulus SNMPTN pada tanggal Mei 2017-2018 maka dengan bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017-2018

Demikian informasi SNMPTN yang bisa PROMO-JITU.com yang bisa kami sampaikan mengenai Pendaftaran SNMPTN 2017-2018. Untuk daftar nama-nama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta daya tampungnya dapat dilihat di situs resmi SNMPTN itu sendiri. Semoga informasi diatas bisa membantu dan menjadi panduan dalam pendaftaran SNMPTN.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi