Suka Wisata Indonesia

INFO PENDAFTARAN MAHASISWA BARU (UGM) 2017-2018 UNIVERSITAS GADJAH MADA





















INFO PENDAFTARAN UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM) 2017-2018

Edukasi Promo-Jitu.com - Mendekati masa-masa peralihan dari SMA/MA/SMK menuju Perguruan Tinggi membuat sebagian dari kita bingung dalam memutuskan keputusan mengenai universitas yang akan dituju. UGM atau UNPAD, UNPAD atau ITB, ITB atau IPB. Hal itu tentu saja membuat bingung mengingat setiap kampus memiliki keunikan-keunikan dan daya tarik tersendiri.

Baiklah, pada kesempatan ini PROMO-JITU.com kembali hadir membagikan yaitu tentang informasi penting mengenai Pendaftaran Mahasiswa Universitas Gadjah Mada 2017-2018. Diharapkan melalui artikel ini dapat memberikan sedikit gambaran mengenai salah satu universitas yang ada di Yogyakarta ini. 

Namun sebelum membahas hal tersebut, admin akan memberikan sekilas mengenai profil Universitas Gadjah Mada (UGM). 

INFO PENDAFTARAN UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM) 2016/2017

SEKILAS TENTANG PROFIL UGM

Gadjah Mada University (UGM) yang memiliki moto terkenal “memimpin peradaban bangsa” ini adalah salah satu Perguruan Tinggi Terfavorit di Indonesia. Universitas ini merupakan universitas tertua di Indonesia yang didirikan setelah Negara Indonesia merdeka. Universitas Gadjah Mada didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan terletak di Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia.

Jalur masuk untuk menjadi mahasiswa UGM untuk program sarjana (seperti yang dilansir dari situs resmi UGM: http://um.ugm.ac.id/) sangatlah beragam, diantaranya:
  • Jalur (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) SNMPTN. 
  • Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • Jalur  (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu) PBUTM.
  • Jalur PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan)
  • Jalur PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi)
  • Jalur PBOS (Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni)
  • Jalur UTUL (Ujian Tulis)
Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai masing-masing jalur tersebut.

1. SNMPTN (SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI)

Seperti yang telah diketahui, SNMPTN merupakan jalur seleksi dengan menggunakan nilai raport dan sistem akademis. SNMPTN selalu menjadi incaran para calon mahasiswa, mengingat tidak perlu repot menyiapkan persiapan menghapal/ memperbanyak latihan soal agar maksimal dan meraih nilai yang tinggi seperti di SBMPTN. Namun dalam SNMPTN tentu saja ada hal yang harus diperhatikan, yakni nilai-nilai yang tercantum dalam rapot usahakan harus naik secara signifikan. Karena persaingan dalam SNMPTN terbilang sangat ketat dan selektif. Daftarlah, masukan segala data yang diperlukan lalu pilih Universitas Gadjah Mada dalam pilihan Universitas jika ingin mendaftar lewat SNMPTN.

2. SBMPTN (SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI)

SBMPTN merupakan pola seleksi yang didasarkan pada hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN di Indonesia. Dalam pengisian data di Lembar Jawaban Komputer (LJK) dan jawabannya haruslah sangat hati-hati dan yakinkan bahwa jawaban yang dipilih adalah jawaban yang benar. SBMPTN memiliki peminat yang tak kalah banyaknya dari SNMPTN. Persaingan sesungguhnya dalam kehidupan di buktikan disini. Pilih Universitas Gadjah Mada pada kolom pendaftaran saat pengisian data SBMPTN secara online. Informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN dapat diakses http://www.sbmptn.or.id/.


3. PBUTM (PENELUSURAN BIBIT UNGGUL TIDAK MAMPU)

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) yaitu merupakan sebuah bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi tetapi tidak mampu secara finansial (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya). Peserta akan memperoleh beasiswa biaya pendidikan selama 4 tahun/ 8 semester dari UGM, jika memenuhi prestasi yang telah ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

4. PBUK (PENELUSURAN BIBIT UNGGUL KEMITRAAN)

Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) adalah jalur seleksi sebagai bentuk kepedulian UGM yang diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah dan diusulkan serta dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Jalur seleksi ini adalah bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang ditunjukkan dengan adanya naskah nota kesepahaman (MoU) dengan mitra yang masih berlaku.

5. PBUB (PENELUSURAN BIBIT UNGGUL BERPRESTASI)

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat Nasional atau finalis tingkat Internasional) sesuai program studi yang dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.

6. PBOS (PENELUSURAN BAKAT OLAHRAGA DAN SENI)

 (PBOS) Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional. Adapun bidang olahraga dan seni yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Kluster Olahraga diantaranya Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulu Tangkis, Bridge, Catur, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Sepak Bola/ Futsal, Softball/Baseball, Taekwondo, Pencak Silat, Renang, Tenis Meja dan Tenis Lapangan.
Kluster Seni diantaranya Fotografi, Paduan Suara, Seni Lukis, Marching Band, Orchestra, Teater dan Seni Tari (Gaya Yogya, Gaya Surakarta, Bali dan Kreasi Baru).


7. UTUL (UJIAN TULIS)

Ujian Tulis UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK Tahun 2017-2018 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1 Sekolah Vokasi). 
Tahapan seleksi UTUL hanya terdiri dari Tes Tertulis.
Materi tes tertulis UTUL berupa (TPA) Tes Potensi Akademik , Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes Kemampuan Soshum dan/atau Tes Kemampuan Saintek.


Untuk tahun 2017-2018 ini, jalur yang sudah dibuka baru SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan jalur yang lain sampai saat ini belum dibuka pendaftarannya. Tunggu dan nantikan informasi selanjutnya di PROMO-JITU.com. Demikianlah informasi yang dapat disampaikan tentang INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GADJAH MADA 2017-2018. Semoga bermanfaat dan membantu bagi sobat semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi